Perubahan Mulai dari Sekarang

Apa yang terpikir olehmu ketika ada kata perubahan??? pasti perubahan signifikan yang rasanya mustahil untuk dicapai, perubahan jangka panjang yang begitu semangat untuk dicapai, itu semua sah - sah saja tidak ada yang salah dantidak ada istilah baku pembenaran tentang arti perubahan yang sebenarnya dan efektif atau ideal.. semua itu bebas tanpa aturan baku pencapaian..

Kemudian apa yang dipermasalahkan kalo begitu??
Ada 2 jenis permasalahanyang mendasar ketika kita menyusun semua target perubahan.. Apakah itu standart baku??? tentu tidak hanya sebuah solusi dan nasihat.. dan apakah itu???

1. Tujuan atau isi target perubahan itu
 cenderung tidak khusus dan mustahil serta ingin mendapatkan
a. Tidak Khusus
 maksudnya ialah target itu misalnya di semester ini aku punya target ip ku bagus tapi tidak ada ukurannya secara pasti, emmm bisa dikatakan hanya bersifat general terlalu umum sehingga kita tidak akan tau apakah itu sudah tercapai apa belum karena bersifat subjektif.
b. Mustahil
IP semester ini 4,00 tapi tidak ada daftar bagaimana cara mencapainya itulah yang dikatakan mustahil, atau dalam sebulan bisa menurunkan berat badan 7kg itu sama dengan tidak realistis. Sehingga semakin sulit mencapainya semakin enggan usahanya.
c. Ingin mendapatkan
ya ketika membut target kita cenderung memikirkan apa yang akan kita dapatkan bukan apa yang bisa kita berikan..contohnya ketika nilai ip kita mencapai target kita ingin mendapatkan pujian seandainya kita ganti ketika ip kita mencapai target kita memberikan kebanggaan buat orangtua kita pasti usaha pencapaian nya akan lebih mulia dan semakin bermakna.

2. Usaha pencapaian target
ketika semua target telah terdaftar langkah selanjutnya ialah usaha pencapaian.. caranya;
a. Beri catatan harian
catatan ini sifatnya mengingatkan tentang sudah berapa persen usahamu hari ini untuk mencapai target tersebut, tapi jangan memandangnya sebagai kewajiban yang berat tetapi pandanglah sebagai semangat pencapaian target..
b. Beri tahu teman
Ya... teman kita adalah pengingat yang baik ketika semangat itu mulai hilang
c. Lakukan apresiasi setiap tercapai targetmu
ya mungkin sepele tapi ini bisa digunakan ketika kamu mulai enggan dan capai dengan usaha pencapaian targetmu...

Tapi yang lebih penting adalah bawalah semua targetmu dalam Doa biarlah Tuhan yang membantumu melakukanya dan mengingatkan kamu ketika mkamu mulai kehilangan semangat untuk mencapainya,, Lakukan pekerjaan demi kemuliaan Tuhan bukan sekedar kesenangan mu semata.. berikan kontribusi buat masyarakat disekitar kamu minimal adalah keluargamu...

Selamat mencoba!! Buat target di semster baru ini!!!!

Komentar

  1. Semoga target2 yg telah kita rencanakan dapat kita gapai dengan hasil yang baik

    BalasHapus

Posting Komentar